Sekjen Kemnaker Temui Pimpinan Perusahaan di Jepang, Bahas Program SSW dan TITP

Liputan6.com, Miyagi Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi bertemu dengan pimpinan perusahaan penempatan pemagangan di Prefektur Miyagi, Jepang, pada Rabu (8/11/2023). Pertemuan ini merupakan langkah berbagi informasi terkait pelaksanaan penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia melalui program Specified Skilled Worker (SSW) dan Technical Trainee Program (TITP).

Anwar mengatakan, pertemuan ini merupakan kelanjutan kerja sama yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintah Prefektur Miyagi Jepang terkait percepatan penempatan tenaga kerja teknis (technical trainee) Indonesia, tenaga kerja terampil dan teknisi khusus di Jepang.

“Saya berharap perusahaan-perusahaan di Miyagi dapat mewujudkannya meningkatkan keterampilan bagi para pekerja Indonesia agar dapat meningkatkan keterampilan kerja di perusahaan bapak/ibu,” kata Sekjen Anwar.

Sekjen Anwar mengatakan kerja sama pemerintah Indonesia dan Jepang untuk mengirimkan peserta pelatihan ke Jepang melalui program TITP telah berlangsung sejak tahun 1993. Hingga saat ini, program tersebut telah diikuti oleh 110.000 orang.

Selain program TITP, Sekjen Anwar menegaskan, pemerintah Indonesia dan Jepang juga sudah menjalin kerja sama magang melalui program SSW sejak lama yang dimulai pada tahun 2019.

Hingga Juni 2023, terdapat 25.337 pekerja migran Indonesia di Jepang yang berstatus residensi SSW.

“Saya berharap jumlah peserta program pelatihan yang mengikuti program TITP dan program SSW terus meningkat khususnya di Prefektur Miyagi,” pungkas Sekjen Anwar.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Polisi menangkap perampok tersebut dengan metode mempekerjakan PSK melalui aplikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *